Program ‘Bali Mandara’ Sabet Dua Penghargaan MDGs Nasional

Written by on April 21, 2016 in Kabar Bali - No comments

inilahbali.com, DENPASAR – Pemprov Bali melalui program ‘Bali Mandara’(maju, aman, damai, sejahtera)-nya berhasil meraih penghargaan Millenium Development Goals (MDGs) dari pemerintah pusat. Predikat yang diraih yaitu sebagai provinsi terbaik kedua untuk kategori pencapaian MDGs, dan juga sebagai provinsi terbaik kedua untuk kategori indikator MDGs.

Penghargaan ini diserahkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas), Sofyan Djalil kepada Kepala Badan Perencanaan dan Pembanguan Daerah (Bappeda) Provinsi Bali , I Putu Astawa, mewakili Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada acara pembukaan Musyawar Perncanaan Pembangunan Nasional ( Musrenbangnas) 2016 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (20/4).

Putu Astawa menjelaskan penghargaan ini merupakan bentuk pencapaian Pemprov Bali atas beberapa program unggulan dalam mewujudkan masyarakat Bali yang maju, aman, damai dan sejahtera (Mandara).

“Ini penghargaan atas capaian Pemprov Bali yang menunjukkan program Bali Mandara sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama dalam mengentaskan kemiskinan,” ujar Astawa.

Menurut Astawa, visi pembangunan Bali melalui program Bali Mandara sangat sejalan dengan sasaran yang ingin dicapai MDGs itu sendiri. Ia mencontohkan dari ketujuh sasaran yang menjadi target MDGs, yakni di bidang kesehatan, Pemprov Bali sudah memiliki program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM), di bidang pendidikan Pemprov Bali juga sudah menggelontorkan program bea siswa bagi siswa miskin, dan pendirian SMA dan SMK Bali Mandara.

Begitu juga dari segi kepedulian terhadap lingkungan hidup, Pemprov juga memiliki program Green Province dan Sistem Pertanian Teritegrasi (Simantri) yang saling mendukung. (der)

Leave a Comment