10 Perupa Bali Unjuk Gigi di Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta

Written by on May 30, 2013 in Ragam - No comments

Karya Made Somadita

inilahbali.com, Denpasar : Sepuluh perupa Bali menggelar pameran bersama di Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta Barat. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Paros Art Gallery dengan Museum Seni Rupa & Keramik Jakarta dengan tajuk “Sepuluh Perupa Memandang Bali”. Pameran yang dikuratori Wayan ‘Jengki’ Sunarta ini berlangsung sejak 29 Mei hingga 2 Juni 2013.

Kesepuluh perupa Bali yang menampilkan karya-karyanya terbaiknya itu adalah I Made Kaek, I Made ‘Romi’ Sukadana, I Made Somadita,  I Wayan Linggih, I Wayan Arnata,  I Ketut ‘Kaprus’ Jaya, I Ketut Mastrum, I Ketut  ‘Kabul’ Suasana, I Nengah Sujena, dan Vinsensius Dedy Reru.
“Selain menampilkan pencapaian kreatif para perupanya, pameran ini adalah upaya-upaya mengritisi berbagai bentuk perubahan dan persoalan yang terjadi di Bali. Melalui karya-karyanya, mereka beropini sekaligus mengritisi Bali dari berbagai sisi,” ujar Jengki Sunarta dalam press release-nya.
Koordinator  pameran, I Made Kaek mengatakan sepuluh perupa yang tampil itu adalah  perupa muda potensial yang tergabung dalam beberapa kelompok seni yang ada di Bali. Kendati masih muda usia, mereka telah mengantongi ‘jam terbang’ pameran yang cukup tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional. (*/ers)
“Selain berpameran, baik secara individu maupun berkelompok, mereka juga sering terlibat dalam pertukaran seniman (artist exchange) serta artist residency di luar negeri sebagai upaya memperluas khazanah pengalaman dan networking seni rupa,” papar Made Kaek.
Made Kaek berharap kerja sama seperti ini bisa berkelanjutan di masa-masa mendatang, baik dengan Museum Seni Rupa & Keramik Jakarta maupun dengan lembaga lainnya di Indonesia. (*/ers)

Leave a Comment